Seminar Continuing Professional Development (CPD) adalah acara yang rutin diadakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Udayana untuk mengupdate perkembangan ilmu yang ditujukan kepada dokter umum, PPDS, dan dokter spesialis. Program studi (prodi) Patologi Klinis, Penyakit dalam, dan Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan CPD pada tanggal 23 desember 2017 di gedung Widyasabha FK Unud dengan tema “ Hematology Up Date: Focus on Apheresis.”

Ada tiga Pembicara pada CPD ini, yaitu dr. Ni Kadek Mulyantari, SpPK(K), dr. Ketut Ariawati, SpA(K) dan dr. Ni Made Renny Anggreni Rena, SpPD-KHOM dan moderator Dr.dr. Ketut Suega, SpPD-KHOM. Acara dimulai dengan sambutan dekan FK UNUD, Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) dan ketua panitia Dr. dr. I Wayan Putu Sutirta Yasa, MSi.

dr. Ni Kadek Mulyantari, SpPK(K) sebagai pembicara pertama dengan topik Prosedur Donor dan Therapeutic Apheresis. Materi yang diberikan meliputi persiapan donor dan mesin pada thrombocyte apheresis, kontrol kualitas dan penyimpanan produk apheresis trombosit. Pembicara juga menyajikan materi Therapeutic Apheresis yang rutin dikerjakan di RSUP Sanglah.

Sementara itu, dr. Ketut Ariawati, SpA(K) sebagai pembicara kedua menyajikan materi tentang pemakaian produk apheresis pada pasien hematologi dan onkologi. Materi meliputi indikasi dan kontraindikasi transfusi trombosit, dosis dan cara transfusi trombosit pada neonatus dan anak, serta monitoring respon transfusi dan resiko transfusi platelet.

Pembicara terakhir, dr. Ni Made Renny Anggreni Rena, SpPD-KHOM menyajikan materi tentang peranan apheresis terapi pada hematologi dan onkologi medis. Materi yang disampaikan mencakup jenis-jenis apheresis terapi serta indikasinya menurut ASFA.

Secara keseluruhan, seminar CPD berjalan lancar dan dihadiri kurang lebih 100 orang yang terdiri dari dokter umum, PPDS, dan dokter spesialis. Diharapkan acara ini tetap rutin dikerjakan agar peserta memiliki kesempatan untuk memperbaharui ilmu di bidang kedokteran yang dapat diterapkan ke masyarakat.

Posted by Patologi Klinik

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *